Thursday, September 27, 2012

Indonesiaku kini


Indonesiaku kini

Telah menjadi rahasia umum jika Indonesia bukanlah suatu Negara yang super ataupun adidaya layaknya Amerika maupun Negara-negara maju eropa lainnya, ada yang mengatakan jika Indonesia adalah “macan yang sedang tertidur”. Benarkah demikian? Apa penyebab pastinya? Kenapa ini terjadi? Mungkin itu adalah sebagian pertanyaan yang ada dibenak masyarakat Indonesia pada umumnya, karena mereka berpikir bahwa Negara yang katanya “dicintai” ini sudah tidak lagi memiliki ke “powernya”. Saat ini sebagian dari masyarakat menganggap bahwa pemerintah seolah-olah sudah tidak peduli lagi terhadap apa yang menjadi kewajibannya, yaitu pelayan masyarakat.
Dewasa ini yang menjadi penghias kebanyakan acara berita di televisi maupun media lainnya adalah kasus korupsi, korupsi, dan korupsi lagi. Ya benar korupsi! Itulah yang telah menggerogoti “power” Indonesia. Dan sekarang masyarakat sudah muak dengan kejadian-kejadian ini. Apa memang iya kalau sebagai pejabat itu harus korupsi? Saya pikir bahwa semua elemen masyarakat setuju dengan mengatakan tidak. Seharusnya pejabat itu tidaklah menyakiti hati masyarakat dengan perbuatan yang “konyol” seperti itu, toh mereka bisa menduduki jabatan yang mereka banggakan itu juga berkat rakyat juga kan? Kewajiban mereka adalah pelayan rakyat, tapi kenapa mereka bisa menghianati. Tidakkah mereka ingat akan janji sumpah yang mereka katakan saat dilantik? Saya pikir itu cuma formalitas acara belaka dan seteah selesai juga paling sudah lupa apa yang telah mereka ikrarkan.
Apakah hanya korupsi yang menguras energi negeri tercinta ini? Jawabannya tidak, masih banyak lagi sebab-sebab yang benar-benar membuat Indonesia tertidur dalam lelapnya disaat Negara yang lainnya terus berlari dengan kencangnya. Ya memang selain korupsi masih banyak lagi problem yang menjadi “PR” kita semua, seperti halnya korupsi problem seperti terorisme, kesehatan, kriminalitas dll, semua itulah yang kini menghiasi wajah negeri yang terkenal “loh jinawi” ini. Bisakah semua beban yang berat itu hilang dari wajah Indonesia, tentu saja bisa. Berat memang, akan tetapi jika berat apa tidak wajib diselesaikan? Baik berat ataupun enteng wajib dicari solusinya kan?
Untuk membenahi negeri yang sudah terlanjur bobrok ini dibutuhkan juga energi yang besar, selain itu juga dibutuhkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat pada umumnya. Negeri ini memang butuh reformasi system dan berbagai hal pendukungnya, untuk apa semua itu? Tentu saja untuk membangunkan “macan yang sedang tertidur” ini. Negeri ini harus bangkit, harus menjadi negeri yang kuat secara fisik dan mental yang pernah kita rasakan pada zaman dahulu. Marilah kita mulai dari hal yang kecil-kecil, seperti dengan rajin belajar bagi para pelajar, bekerja dengan baik dan amanah bagi para pekerja, dst. Terutama pejabat, pandang dan lihatlah rakyat yang ada dibawah kekuasaanmu, bekerjalah untuk mereka. Jangan hanya pikirkan kepentingan dirimu dan golonganmu sendiri. Bela rakyat, perjuangkan rakyat, bukankah itu yang telah menjadi tugas pejabat? Semoga mereka yang duduk diatas sana peduli dengan problem yang “menumpuk” ini.

semoga bermanfaat. By : Asyhari Amri

1 comment: