Tuesday, December 24, 2013

Makalah Komunikasi Organisasi (LAPORAN)

  1. Latar belakang
Dalam dunia organisasi tidak selamanya organisasi tersebut berjalan lancar, namun terkadang juga terdapat beberapa kendala maupun masalah yang bisa disebut dengan konflik. Dari konflik tersebut, maka dapat menimbulkan sebuah kondisi yang dinamakan stres. Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan terjadinya stres, sehingga anggota suatu organisasi kerap mengalami masalah stres tersebut, memang benar tidak selamanya stres itu bersifat negatif, tapi stres sebenarnya juga bersifat positif. Hal tersebut yang nantinya akan di bahas lebih lanjut dalam pemaparan selanjutnya.
Konflik memang sudah menjadi suatu bagian yang tak terpisahkan dalam suatu organisasi. Konflik yang terjadi dalam sebuah organisasi memang tidak selalu dalam hal-hal yang besar saja, terkadang hal sepele bisa menjadi penyebab merenggangnya organisasi itu sendiri. Misalnya, saat ada sang ketua bertemu dengan anggotanya, tapi tidak ada tegur sapa diantara keduanya, hal ini menyebabkan perselisihan diantara keduanya dan menimbulkan terjadinya konflik yang bisa meluas dan bertambah parah.
Konflik dan stres yang ada didalam suatu organisasi, bukan hanya sekedar dihadapi ataupun dibiarkan, namun hendaknya dicari solusinya agar bisa mengembalikan pada kondisi semula, atau setidaknya bisa menjadi lebih baik lagi. Dalam beberapa organisasi yang penulis ikuti, masih banyak yang belum mengetahui sepenuhnya apa itu konflik dan bagaimana pemecahan masalah konflik tersebut. Hal ini yang membuat terkadang organisasi tersebut jadi melambat kinerjanya atau bahkan hingga mandeg.
Nah, dari pentingnya mengetahui konflik, stres dan cara penanganannya dengan memberikan solusi-solusi inilah yang setidaknya mampu untuk membantu suatu organisasi agar tetap harmonis dan terhindar dari adanya perpecahan.
Organisasi yang akan penulis bahas dalam tulisan ini adalah sebuah organisasi umum, yakni Forum Duta Mahasiswa DIY. Forum yang beranggotakan finalis dan pemenang dalam Ajang Pemilihan Duta Mahasiswa DIY ini bergabung dalam organisasi ini, dimana nantinya menjadi wadah untuk melaksanakan progam kerja sesuai yang telah rencanakan ketika sedang dalam masa pemilihan tersebut. Organisasi yang bergerak dibidang sosialisasi dan pendidikan kesehatan reproduksi remaja ini mempunyai sebuah struktur organisasi yang cukup lengkap, dan mempunyai anggota yang jumlahnya juga lumayan banyak. Namun, sering sekali terjadi konflik dalam beberapa pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan.

  1. Kerangka Teori
Sebelum membahas lebih jauh lagi terhadap pembahasan ini, perlu diketahui terlebih dahulu pengertian dan definisi apa itu konflik dan sebagainya.
Ada beberapa pendapat oleh para ahli tentang konflik dan stress berikut adalah beberapa ahli yang telah mendefinisikan apa itu konflik dan stres.
  • Menurut Minnery (1985), Konflik organisasi merupakan interaksi antara dua atau lebih pihak yang satu sama lain berhubungan dan saling tergantung, namun terpisahkan oleh perbedaan tujuan.
  • Konflik merupakan ekspresi pertikaian antara individu dengan individu lain, kelompok dengan kelompok lain karena beberapa alasan. Dalam pandangan ini, pertikaian menunjukkan adanya perbedaan antara dua atau lebih individu yang diekspresikan, diingat, dan dialami (Pace & Faules, 1994:249).
  • Menurut Robbin (1996), keberadaan konflik dalam organisasi ditentukan oleh persepsi individu atau kelompok. Jika mereka tidak menyadari adanya konflik di dalam organisasi maka secara umum konflik tersebut dianggap tidak ada. Sebaliknya, jika mereka mempersepsikan bahwa di dalam organisasi telah ada konflik maka konflik tersebut telah menjadi kenyataan.
Dari beberapa pendapat para ahli tersebut bisa dipahami jika konflik memang sudah menjadi hal yang lumrah dalam suatu organisasi. Secara garis besar Konflik adalah suatu masalah yang terjadi dan memerlukan adanya tindakan untuk memecahkannya. Konflik juga bisa diartikan sebagai bumbu penyedap dalam suatu organisasi, karena dengan adanya konflik, hal tersebut bisa membuat organisasi tersebut lebih solid dan teruji jika sudah dapat menyelesaikan konflik tersebut.
Adapun beberapa faktor penyebab konflik dalam suatu organisasi, diantaranya :
  • Komunikasi (biasanya terjadi akibat adanya mis communication antara anggota ataupun pengurus dalam suatu organisasi)
  • Struktur (terjadi jika dalam organisasi terdapat perebutan kekuasaan antar anggota organisasi)
  • Pribadi (inilah mungkin yang paling sering terjadi dalam suatu organisasi, yakni perbedaan pendapat. Karena sejatinya manusia memang mempunyai pemikirannya sendiri-sendiri, sehingga sangat memungkinkan terjadinya perbedaaan pendapat yang memicu adanya konflik dalam organisasi)
Dari berbagai jenis konflik ini dapat menimbulkan stres, stres merupakan keadaan dimana seseorang merasa tidak nyaman secara psikologis, Stres merupakan akibat dari konflik. Dikatakan demikian, karena semua merasakan tekanan-tekanan, tuntutan-tuntutan, dan ketegangan-ketegangan yang nampak datang beriringan dengan pekerjaan kita.
Stres mempunyai beberapa faktor penyebab, diantaranya :
  • Pekerjaan (sesuai kadarnya, apakah dia mampu melaksanakannya atau tidak)
  • Kepribadian (perbedaan karakter antar individu)
  • Perubahan (kebiasaan yang berubah)
Sedangkan pengertian stres menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut :
  • Stres berkaitan dengan pekerjaan secara ajeg menunjukkan bahwa stres menimbulkan pengaruh yang merusak dan berbahaya bagi kesehatan jasmani dan rohani pekerja (Ray 1991)
  • Stres okupasional berkaitan dengan jangka pendek seperti kecemasan kerja, ketegangan kerja dan kepuasan kerja dan efek jangka panjang seperti depresi, borok, penyakit kardiovaskular dan kematian.(Heaney & Van Ryn 1990)
  • Stres adalah suatu keadaan psikologis individu yang disebabkan karena individu dihadapkan pada situasi internal dan eksternal Lazarus (1976)

Berbagai tekanan dan gangguan dalam sebuah organisasi tentunya sangat sering terjadi. Hal ini lah yang perlu dihindari agar kinerja anggota sebuah organisasi tidak terganggu. Semua bisa di atasi asalkan dapat mengindikasikan masalah yang kita hadapi itu sendiri. Semakin seseorang mendapatkan tekanan diluar batas dari kemampuan dirinya sendiri tentunya akan mengalami stres pula yang cukup berat dan sangat mengganggu kerja otak.
Dampak dan akibat dari stress itu  sendiri dalam buku Organizational Behavior (Robbin), dikelompokkan menjadi tiga gejala, yaitu gejala Fisiologis, Psikologis, dan Perilaku, sebagai berikut :
  • Gejala Fisiologis, gejalanya meliputi sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan sakit jantung.
  • Gejala Psikologis, gejalanya meliputi kecemasan, depresi, dan menurunnya tingkat kepuasan kerja.
  • Gejala Perilaku, gejalanya meliputi perubahan produktivitas, kemangkiran dan perputaran karyawan.
Kemudian, dari konflik dan stres yang ada membutuhkan sebuah pemecahan permasalahan dengan cara pengambilan keputusan yang tepat oleh seorang pemimpin. Pengambilan keputusan adalah menetukan suatu jalan keluar dengan berkomunikasi secara bersama-sama. Dalam pengambilan sebuah keputusan bersama pemimpin harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut :
  • Jumlah waktu yang ada dan dapat dimanfaatkan.
  • Tingkat pentingnya keputusan yang akan diambil oleh kelompok.
  • Kemampuan-kemampuan yang dimiliki oleh pemimpin dan mengelola kegiatan pengambilan keputusan tersebut.
Jadi, seorang pemimpin harus mampu membuat sebuah keputusan yang benar dan tepat sehingga mampu menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi oleh organisasi tersebut. Karena pemimpinlah yang mempunyai tanggung jawab penuh akan hal tersebut.

  1. Analisis data
Dalam organisasi Forum Duta Mahasiswa DIY, beberapa kali mengadakan kegiatan, mulai dari menyelenggarakan seminar, pelatihan dll. Nah, disetiap pelaksanaan kegiatan tersebut, maka sebelumnya diadakan pembentukan susunan kepanitiaan acara tersebut. Namun yang terjadi adalah meski masih dalam tahap pembentukan panitia saja, gejala-gejala konflik sudah mulai nampak.
Konflik yang pertama kali terjadi adalah saat penunjukan susunan panitia, ada beberapa orang yang merasa tidak cocok atau mungkin enggan dalam menerima bagian tersebut, ini yang menjadikan beberapa perdebatan dan terkadang membuat suasan dalam forum tersebut agak kurang kondusif. Terlebih lagi dari segi jumlah pengurus yang relatif terbatas, ini semakin membuat runyam permasalahan tersebut, saat jumlah orang yang ada sedikit dan setiap seksi dalam acara tersebut membutuhkan seorang koordinator atau penanggungjawab. Sebenarnya saat jumlah orang yang ada dan jumlah pos yang perlu diisi itu memang tidak terpaut jauh, namun seperti yang dikatakan diawal jika ada beberapa yang enggan masuk kedalam kepanitiaan. Contohnya, si A yang terlihat mampu untuk mengurusi soal konsumsi ternyata menolak dan tidak mau untuk menerima peran tersebut. Saat dikembalikan ke forum dan ditanyakan siapa yang mau dan sanggup menjadi seksi konsumsi, jawabannya adalah nihil. Karena sebagian besar dari anggota tidak pernah menjadi koordinator bagian tersebut.
Ini terjadi karena sesuai dengan faktor-faktor penyebab konflik yang salah satunya adalah pribadi, yakni inilah penyebab perbedaan pendapat, karena berbeda individu berbeda pula pemikiran dan pandangannya. Jika si A itu berpikiran jika dia tidak siap untuk menjadi koordinator konsumsi, berbeda halnya dengan pandangan dari ketua sidang yang berpikir jika sesungguhnya si A ini memang layak dan mampu untuk memegang jabatan tersebut.
Contoh kasus diatas sebenarnya hanya sebagian kecil dari berbagai permasalahan yang muncul hingga menyebabkan timbulnya konflik. Masih banyak lagi permasalahan yang timbul, apalagi setelah rapat pembentukan panitia usai, dan semua anggota telah mendapatkan kewajiban dan tugasnya masing-masing maka dilanjutkan dengan bekerja sesuai dengan tugas mereka. Dalam persiapan sebelum acara hari H, sebagian panitia memang dibuat sibuk oleh tugas itu, dan itulah yang akhirnya memunculkan konflik-konflik baru dan juga stres yang menghinggapi sebagian besar panitia.
Salah satu penyebab konflik yang paling sering adalah dari segi komunikasi, miskomunikasi memang sering sekali terjadi dalam kepanitiaan ini. contohnya saja, saat ketua panitia berpikir jika sejumlah anggaran itu adalah untuk membeli kaos bagi para panitia, dan panitia tidak perlu membayar untuk itu, ternyata tidak sama dengan apa yang dilaksanakan oleh sang bendahara, ternyata anggaran yang ada itu untuk kebutuhan yang lain, sehingga panitia tetap harus membayar untuk kaos acara tersebut. Hal inilah yang sempat menimbulkan konflik yang cukup panas. Hingga akhirnya dibutuhkan sebuah penanganan permasalah dan penyelesaian konflik.
Dari berbagai konflik yang ada tersebut, menimbulkan stres bagi para anggota panitia. Selain karena adanya faktor konflik yang terjadi diatas, namun juga karena faktor pekerjaan (kadar kemampuan bekerja). Seperti contoh diatas (si A yang tidak mau jadi seksi konsumsi) akhirnya dalam persiapan dan pelaksanaan acara tersebut kinerjanya menjadi kurang maksimal, ini disebabkan karena stres yang menghinggapi diri dari si A tersebut. Si A berpikir jika apa yang dia lakukan tidak sesuai dengan apa yang ia inginkan sehingga dia merasa tidak nyaman dan merasa canggung dalam melaksanakan pekerjaan tersebut.
Dari berbagai permasalah diatas yang menimbulkan konflik dan stres yang dialami oleh panitia, membutuhkan sebuah penanganan yang disebut dengan pengambilan keputusan agar dapat menyelesaikan berbagai macam permasalahan tersebut. Nah dalam hal ini sang ketua panitia akhirnya memberikan beberapa keputusan, yang tentu saja dalam memutuskannya dilakukan pertimbangan-pertimbangan bersama anggota yang lainnya.
Untuk mengatasi permasalahan pertama yakni pemilihan siapa yang akan menjadi koordinator seksi konsumsi, akhirnya sang ketua panitia mengambil keputusan yang didapat setelah berdiskusi dengan anggota yang lainnya, yakni dengan memberikan tawaran-tawaran solusi untuk pemecahan masalah dengan jalan yang terbaik. Dari sekian banyak solusi yang ditawarkan, akhirnya diambil sebuah keputusan yakni tetap memilih si A sebagai koordinator seksi konsumsi, namun dalam pelaksanaan dan persiapannya nanti akan dikerjakan bersama-sama dan dibantu oleh panitia yang lainnya. Sedangkan untuk permasalahan kedua, yakni adanya miskomunikasi yang terjadi antar panitia itu akhirnya bisa diselesaikan dengan cara diadakan pembicaraan yang baik antara sang ketua dengan bendahara. Dengan melalui pembicaraan yang hangat, akhirnya sampai juga kedalam sebuah keputusan bersama, yakni jika akhirnya panitia tetap membayar kaos demi mengehemat dan mengusahakan pengeluaran anggaran yang besar, dikarenakan pihak sponsor yang tidak tentu akan cair dana sponsorshipnya.
Akhirnya semua konflik dan stres yang terjadi dapat diselesaikan dengan cara pengambilan keputusan yang tepat dan cermat dari sang pemimpin. Sebenarnya masih banyak sekali permasalahan yang terjadi dalam persiapan maupun saat hari berlangsungnya acara, namun apapun masalahnya itu, jika dikomunikasikan dengan baik, maka konflik dan stres itu bisa diatasi dengan baik pula.

  1. Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan yang bisa diambil dari pembahasan ini adalah jika suatu organisasi, seperti yang sudah dipaparkan diatas yakni jika suatu organisasi tidak mungkin bisa lepas dari yang namanya konflik dan stres. Dua hal tersebut akan selalu hadir kapan saja dalam suatu organisasi, dan tak akan ada yang bisa mengelak ataupun menghindarinya. Maka dari itu sebuah organisasi hendaknya mampu mengetahui dan mengidentifikasi ketika suatu saat konflik dan stres itu datang, sehingga ketua dapat memberikan beberapa solusi untuk pemecahan masalahnya dengan mengeluarkan keputusan yang benar dan tepat.
Konflik maupun stres yang hadir dalam organisasi, hendaknya juga dijadikan sebagai alat pembelajaran. Maksudnya adalah jika suatu saat nanti sebisa mungkin dihindari hal yang sama, agar istilahnya “tidak jatuh dilubang yang sama”.

Saran yang dapat penulis sampaikan adalah, jika seorang pemimpin mampu untuk berpikir dan menganalisis tentang apa yang menjadi tanggung jawabnya dalam rangka pemecahan masalah tersebut, dan juga untuk mengeluarkan keputusan yang tepat.

0 komentar:

Saturday, December 21, 2013

Resensi Buku "Citizen Journalism"

Judul Buku      : Citizen Journalism (Pandangan, Pemahaman Dan Pengalaman)
Pengarang       : Pepih Nugroho
Penerbit           : Kompas Penerbit Buku
Tebal Buku      : 14 cm x 21 cm
Jumlah Hal.     :191 Halaman

“Citizen Journalism”
            Citizen journalism (jurnalisme warga) merupakan istilah yang sangat populer akhir-akhir ini, namun sebelumnya apa itu arti citizen journalism? Apakah seorang warga (citizen) bertingkah layaknya seorang wartawan professioanal yang mampu menghasilkan berita layaknya wartawan yang bekerja di media massa? Citizen journalism yang dimaksud adalah sebuah kegiatan warga biasa yang bukan wartawan professional mengumpulkan fakta di lapangan atas sebuah peristiwa, menyusun, menulis, dan melaporkan hasil liputannya di media sosial.
            Dalam buku ini memang tidak mengajarkan warga agar bisa menjadi seorang wartawan yang handal dan profesional layaknya wartawan media massa, melainkan hanya berisi beberapa tips dan trik bagaimana menulis jurnalisme warga yang baik.
            Buku sederhana ini dimaksudkan sebagai dasar saja dari citizen journalism yang ternyata semakin canggih dalam cara kerja, peralatan, dan pengeruhnya dari hari kehari. Buku ini benar-benar hasil pandangan, pemahaman dan pengalaman penulis dalam menggeluti aliran baru dibidang jurnalistik ini sejak tahun 2005.
            Buku ini diharapkan oleh penulisnya menjadi rujukan bagi siapapun yang berminat pada dunia jurnalistik, atau lebih luas lagi dunia kepenulisan, karena dewasa ini dunia jurnalisme tidak hanya dikuasai oleh wartawan profesional semata, melainkan juga warga biasa bisa melakukannya. Warga biasa berarti siapa saja, tidak memandang apa jabatan dan pekerjaannya, semuanya bisa menjadi seorang citizen journalism.

            Penulis sangat menyarankan untuk membaca buku ini, karena dengan membaca buku ini maka akan membuat orang yang membacanya memahami lebih jauh lagi tentang apa citizen journalism dan juga bisa menjadi praktisinya.

0 komentar:

Thursday, December 5, 2013

Contoh Naskah Siaran Radio

Nama Radio         : 107.7 Rasida fm
Program              : SABAR
Penyiar                  : Arik Asyhari
Format                : Tips, info2 menarik
Durasi                : 2 jam
Jam                    : 16.00 – 18.00 WIB
Segmentasi           : Usia 15 – 35 Tahun
Lagu                  : mix

Lagu 
Opening

Hai Assalamualaikum wr wb selamat sore insan muda jogja/ apa kabarnya nih ? semoga baik-baik aja ya ..// seneng rasanya / Arik Asyhari bisa kembali hadir / di acara yang ditunggu-tunggu / sore-sore usah galau insan muda karena ada SABAR (santai bareng rasida)//

Seperti  biasa Selama 2 jam kedepan dari jam 4 sampai jam 6 sore nanti/ arik bakalan menemani insan muda yang sekarang lagi galau ..ataupun yg lagi seneng karena abis jalan sama pacarnya// Cieee..cieee.. / nah sobat pass juga bisa sekalian request di no 085221359911 ataupun mention ke twitter di @rasidaFm/ eka tungguin yaaaa ………

Lagu ,Jingle, Iklan, Lagu 3 …………..

Content (backsound)
Nah Insan muda/ di edisi hari kamis/ tanggal 5 desember 2013 ini/ arik mau ucapin selamat ulang tahun/ buat temen eka/ Desi Anggiani/ semoga di umur yang ke sekian ini/ bisa ditambah rizkynya/ tambah dewasa/ tambah cantik/ tambah baik/ pokonya all the best for you/ amin/ dan arik ucapin selamat ulang tahun juga/ buat insan muda yang lagi ulangtahun sekarang/ jangan lupa sama arik kalo makan2 ya/ heheheee//

Ngomongin soal ulang tahun/ pasti identik dengan kado ataupun hadiah ya insan muda/ betul banget/ karena biasanya seseorang yang ulangtahun/ selain mengharapkan ucapan dan doa/ pasti pengen juga di hadiahkan sebuah kado/ entah itu cewe atau cowo pasti seneng kalau dia dikasih hadiah/ apalagi hadiah spesial dari arik,hahaha //
Nah ngomongin soal kado ulang tahun, sore ini arik bakalan share tips-tips bagaimana cara memilih kado spesial untuk orang terkasih yang pastinya spesial bagi insan muda//

Lagu 4 …. Jingle, Iklan, Lagu 5 ………………………

Oke insan muda sekarang waktunya arik/ bacain sms yang udah masuk/ di nomor 085221359911/ makasih ya buat yang udah sms/ yang belom ayo donk/ masih ditungguin ko/ sampai tepat jam 6 sore nanti//

(bacain sms)

/tips yang pertama// Cari tahu hobi dan kesukaannya.
Seorang pacar/ sahabat atau siapapun tentu akan sangat menyukai pemberian atau kado yang memiliki kesamaan dengan hobi yang yang dimilikinya// Untuk itu jadilah seorang detektif untuk mencari tahu apa kegemaran dia// kalau insan muda udah tau apa hobi dan kesukaannya/ pasti ga bakalan susah deh untuk ngasih kado buat someone spesial :D

Lagu 6 …. Jingle, Iklan, Lagu 7 ….

(komentar lagu) à “ Nyambung ke pengertian cinta sejati dan teman sejati …”

Nyari kado emang susah-susah gampang ya insan muda/ namun kalau kita mau mau sedikit berusaha aja/ maka itu bukanlah hal yang susah kok// lanjut ke tips yang selanjutnya // yakni ada 2. Ajaklah jalan-jalan ke pusat perbelanjaan.
Pusat perbelanjaan seperti mall ataupun shopping center tentu menjadi sebuah ajang eksperimen tersendiri bagi kamu sebelum membelikannya sebuah kado ulang tahun. Ajaklah ia ketempat dimana menurut kamu itu tempat yang menarik, kemudian mulailah perhatikan kemana arah perhatiannya tertuju//asyeek// Jika ia mulai berkomentar, "Wah, yang ini lucu" atau "Pajangan ini unik juga yah", nah itulah saatnya dimana kamuharus membuat list daftar barang apa yang sekiranya paling ia sukai// kembalilah keesokan harinya bersama teman atau seorang diri untuk kemudian membelinya untuk diberikan pada kekasih insan muda di saat hari H.//

Lagu uuuu
 Terimakasih buat insan muda yang masih setia dari jam 4 sore tadi sampai sekarang ya/ gak kerasa udah sejam arik nemenin insan muda/ tapi jangan khawatir/ masih ada sejam lagi waktu arik untuk menemani hari jumat sebelum besok memulai aktifitas insan muda di akhir pekan/

Buat yang udah sms di no 085221359911/ terimakasih dan sekarang eka bakalan bacain smsnya ya//

(Lanjut bacain sms)


Lagu 10 …. Jingle, Iklan, Lagu 11 ……….

(backsound)
Masih dari gedung PPTD, multi purpose UIN SUKA/ yap arik ucapin selamat malam buat yang baru gabung/ meskipun udah sejam lewat ya/ tapi gak apa-apa/ sekarang insan muda ada di acara yang paling kece dan istimewa sama arik/ di seratus tujuh koma tujuh rasida fm/ dan tadi kita udah ngomongin tentang tips-tips bagaimana ngasih kado yang baik seseorang tercinta// 
Okeeey sekarang arik akan membahas tips selanjutnya, yakni Belilah kado sesuai dengan yang ia butuhkan.
Tentunya sebuah kado akan menjadi jauh lebih bermakna lagi manakala ia memang tengah membutuhkannya// maka sebagai pasangan yang baik/ sudah selayaknya untuk kita mengetahui benar2 yang si dia butuhkan//

Lagu 12…. Jingle, Iklan, Lagu 13 ………..

Closing
Wah/ gak kerasa ya insan muda/ ternyata udah dua jam berlalu dan waktunya udah abis buat arik menemani insan muda di SABAR (santai bareng rasida)/ terimakasih buat yang staytuned dari jam 4 malam tadi/ buat yang udah sms dan mention ke twiiter kia/ terimakasih banyak/ dan sekarang waktunya arik pamit// tapi jangan khawatir/ habis ini masih ada Hiruk pikuk yang pastinya akan nemenin insan muda sampai nanti pukul 8 malam/

Okeee/ arik pamit…./ wassalamualaikum wr wb/ dadaaaaaahhhhhhhh ///

Lagu terakhir …


0 komentar:

Tuesday, November 26, 2013

Penjelasan Ayat Q.S Al Mujadilah : 7

Nama : Asyhari Amri

öNs9r& ts? ¨br& ©!$# ãNn=÷ètƒ $tB Îû ÏNºuq»yJ¡¡9$# $tBur Îû ÇÚöF{$# ( $tB Ücqà6tƒ `ÏB 3uqøgªU >psW»n=rO žwÎ) uqèd óOßgãèÎ/#u Ÿwur >p|¡÷Hs~ žwÎ) uqèd öNåkޝϊ$y Iwur 4oT÷Šr& `ÏB y7Ï9ºsŒ Iwur uŽsYò2r& žwÎ) uqèd óOßgyètB tûøïr& $tB (#qçR%x. ( §NèO Oßgã¤Îm6t^ム$yJÎ/ (#qè=ÏHxå tPöqtƒ ÏpyJ»uŠÉ)ø9$# 4 ¨bÎ) ©!$# Èe@ä3Î/ >äóÓx« îLìÎ=tæ ÇÐÈ  
Artinya :
Tidakkah kamu perhatikan, bahwa Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi? tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya. dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah keenamnya. dan tiada (pula) pembicaraan antara jumlah yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia berada bersama mereka di manapun mereka berada. kemudian Dia akan memberitahukan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu (Q.S Al Mujadilah : 7)
Substansinya :
Allah selalu berada bersama seluruh makhluk-Nya dan melihat segala perbuatannya yang dilakukan untuk nanti dibuka di akhirat
Catatan :
Kesadaran tentang Allah selalu melihat kepada kita setiap saat hendaklah dapat meningkatkan rasa malu kita kepada Allah bila mau melakukan perbuatan maksiat.

Keterangan :
            Dalam kehidupan sehari-hari manusia mungkin banyak yang tidak tahu jikalau dirinya selalu diawasi oleh Allah SWT. Banyak yang merasa jika apa yang mereka lakukan hanyalah sebatas dirinya dan orang sekitar yang mengetahui, jadi sebagian orang dengan percaya diri akan melakukan hal-hal negatif atau perbuatan yang dilarang oleh Allah (kemaksiatan). Seakan-akan mereka tak peduli jika sesungguhnya apa yang dilakukan selalu ada yang mengawasi. Banyak sekali contoh yang bisa kita lihat, salah satunya adalah korupsi. Mungkin para koruptor menganggap jika apa yang mereka lakukan secara diam-diam itu tidak akan ada yang tahu, namun bagaimana Allah tidak mengetahui hal yang sangat sepele seperti itu?
Contoh lain dari pembahasan ini adalah kamera pengawas. Saat ini mengetahui banyak diberbagai tempat yang memasang kamera pengawas (CCTV), mulai dari bangunan sekolah, toko, kantor, hotel dsb. Kita ambil contoh saja di mini merket, kamera dipasang diberbagai sudut agar pengelola bisa melihat semua sudut ruangan agar bisa mengewasi setiap gerak gerik dari pengunjug agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian dan kehilangan barang. Nah contoh tersebut mungkin kita bisa sedikit membayangkan, bagaikan saat kita berada didalam sebuah mini market maka kita akan diawasi oleh pengelola dengan sebuah kamera pengawas. Dalam kehidupan nyata sejatinya kita juga selalu diawasi, bukan oleh kamera pengawas, melainkan oleh sang Maha Pengawas Allah SWT. Kita hanya tidak sadar jika sesungguhnya Allah mengawasi setiap manusia dan semua makhluk yang ada di langit maupun dibumi.
            Sesuai dengan arti ayat diatas, jika sudah disebutkan jika sesungguhnya Allah mengetahui segala sesuatu yang ada di langit maupun yang ada dibumi. Dan Allah juga mengetahui tentang semua hal, mulai dari hal yang kecil hingga yang besar, dari yang sepele hingga yang sangat penting, Allah juga mengetahui segala sesuatu dari zaman lampau dahulu hingga zaman yang akan mendatang. Dan sebagai manusia kita hendaknya merasa malu, jika kita masih melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah, karena dimanapun, kapanpun, kita akan terus diawasi dan diperhatikan Allah. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban kita untuk melaksanakan hal-hal kebaikan dan kebajikan agar Allah bisa senantiasa hanya mencatat amal-amal baik dari perbuatan kita, dan tidak mencatat amal-amal yang jelek. Karena sudah diketahui jika amal baik (soleh) bisa mendapat ganjaran pahala, sedangkan amal buruk (maksiat) tentu saja akan mendapatkan balasan berupa dosa bahkan neraka.
            Orang-orang yang melakukan perbuatan maksiat mungkin bisa saja menyembunyikan rahasianya terhadap manusia, dan merasa dirinya sendiri yang mengetahui akan rahasia tersebut. Contohnya, ketika ada seorang pencuri sedang mencuri di suatu rumah warga dan kebetulan tidak ada yang memergoki dan menangkapnya, maka pencuri akan merasa telah sukses dalam menjalankan kejahatannya. Karena selain sudah bisa mencuri dengan aman dia juga nyaman karena tidak ada orang yang mengetahui jika dirinya adalah seorang pencuri. Namun Allah yang Maha Mengetahui tentu saja mengetahui akan hal tersebut, sebagaimana seperti yang ada dalam ayat diatas jika “tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya. dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah keenamnya”.
Allah sudah pasti mengawasi seluruh hambanya, baik amalan yang soleh maupun yang maksiat. Dan kita juga mengetahui jika segala sesuatu yang kita perbuat di dunia ini pastinya akan dimintai pertanggungjawabannya kelak di akhirat. Amal soleh akan diganti dengan pahala, dan imbalan atas pahala tersebut adalah surga, yang telah dijanjikan oleh Allah. Begitu pula dengan maksiat, maksiat akan dibayar dengan dosa, dan dosa akan diganti dengan neraka.

Jika manusia mampu memahami dan mengerti kalau sesungguhnya Allah selalu mengawasai makhluknya, seharusnya kita hanya melakukan hal-hal baik (amalan soleh) saja. Tidakkah seorang hambanya malu kepada tuhannya jika sebagai hamba, banyak yang melanggar larangannya. 

0 komentar: