Saturday, December 21, 2013

Resensi Buku "Citizen Journalism"

Judul Buku      : Citizen Journalism (Pandangan, Pemahaman Dan Pengalaman)
Pengarang       : Pepih Nugroho
Penerbit           : Kompas Penerbit Buku
Tebal Buku      : 14 cm x 21 cm
Jumlah Hal.     :191 Halaman

“Citizen Journalism”
            Citizen journalism (jurnalisme warga) merupakan istilah yang sangat populer akhir-akhir ini, namun sebelumnya apa itu arti citizen journalism? Apakah seorang warga (citizen) bertingkah layaknya seorang wartawan professioanal yang mampu menghasilkan berita layaknya wartawan yang bekerja di media massa? Citizen journalism yang dimaksud adalah sebuah kegiatan warga biasa yang bukan wartawan professional mengumpulkan fakta di lapangan atas sebuah peristiwa, menyusun, menulis, dan melaporkan hasil liputannya di media sosial.
            Dalam buku ini memang tidak mengajarkan warga agar bisa menjadi seorang wartawan yang handal dan profesional layaknya wartawan media massa, melainkan hanya berisi beberapa tips dan trik bagaimana menulis jurnalisme warga yang baik.
            Buku sederhana ini dimaksudkan sebagai dasar saja dari citizen journalism yang ternyata semakin canggih dalam cara kerja, peralatan, dan pengeruhnya dari hari kehari. Buku ini benar-benar hasil pandangan, pemahaman dan pengalaman penulis dalam menggeluti aliran baru dibidang jurnalistik ini sejak tahun 2005.
            Buku ini diharapkan oleh penulisnya menjadi rujukan bagi siapapun yang berminat pada dunia jurnalistik, atau lebih luas lagi dunia kepenulisan, karena dewasa ini dunia jurnalisme tidak hanya dikuasai oleh wartawan profesional semata, melainkan juga warga biasa bisa melakukannya. Warga biasa berarti siapa saja, tidak memandang apa jabatan dan pekerjaannya, semuanya bisa menjadi seorang citizen journalism.

            Penulis sangat menyarankan untuk membaca buku ini, karena dengan membaca buku ini maka akan membuat orang yang membacanya memahami lebih jauh lagi tentang apa citizen journalism dan juga bisa menjadi praktisinya.

0 komentar: