Makalah Teori Komunikasi
- Teori Pelanggaran Harapan
/ Expectancy Violations Theory ( judeeBurgoon)
Didalam
perusahaan tempat saya bekerja,ada atasan dan bawahan tentunya.
Jika ada
bawahan misalnya saya sebut saja dia seorang sekertaris ingin mengajukan kepada
atasannya pulang cepat karena ada keperluan mendadak, tetapi ketika dia baru
menghadap atasanya tersebut kemudian sambutan dari atasanya ketika dia datang
sudah menunjukan sikap tidak ingin diganggu, dengan nada suaranya yang jutek
dan bahasa tubuh atau bahasa non verbalnya menunjukan dia sangat sibuk dan
terlihat sangan membutuhkan bantuan sang sekertaris itu, tentunya si sekertaris
tidak bisa mengungkapkan apa yang di harapkannya yaitu bisa pulang lebih awal
karena dari orang yang akan menerima pesan sudah menggambarkan idak bisa
menerima pesan selanjutnya dari kita.
Contoh
diatas menurut saya merupkan contoh dari teori pelanggaran harapan yang
memiliki asumsi dasar yaitu harapan individu kepada individu lain untuk tidak
melakukan hal menentukan komunikasi selanjutnya.
- Teori kebohongan /
Interpersonl Deception Theory ( David Buler dan Judith Burgoon )
Seorang
murid yang berbohong kepada gurunya mengenai pertanyaan yang ditanyakan kepada
muridnya mengenai ketidakhadiran dia pada saat dia idak masuk sekolah, Murid itu
menjawab tidak masuk karena dia sakit( padahal dalam kenyataannya dia tidak
masuk karena terlambat masuk sekolah sehinga gerbangnya ditutup dan dia tidak
dapat masuk).ketika sang guru menanyakan sakit apa,seorang mrid itu akan
berbohong lagi atau berfikir mencari alasan sakit apa yang sekiranya masuk
akal, ketika dia menjawab sakit Diare, Sang guru menanyakan kenapa bisa sampai
diare ?.
Dapat
disimpulkan bahwa contoh diatas dapat memberikan gambaran terhadap Teori
Kebohongan yang mana secara singkat atau asumsi dari Teori kebohongan yaitu
Kebohongan dalam berkomunkasi dengan orang lain, dalam hal ini biasanya si
pembohong harus berfikir keras karma harus bisa menutupi kebohongan pertanmanya
dengan kerbohonganya lagi.
- Genderlect Style theory (
Deboran Tannen )
Ketika
seorang perempuan mengemudi sebuah mobil kemudian sebut saja dia Dara kemudian
secara tidak disengaja mobilnya di tabrak dari belakang oleh pengemudi lain.
Kemuadian diselesaikanlah kasus penabrakan itu dengan cara menyakan kepada si
penabrak kronologis, kemudia mengapa hal itu bisa sampai terjadi dan meminta
pertangun jawaban dari si penabrak itu dengan gaya bahasa yang halus
tanpa mengurangi pesan yang ingin disampaikan kapada si penabrak itu, sehingga
suasana yang ada tidak panas dan komunikasipun terpelihara dengan baik.
Berbeda
ketika seorang pengemudi Laki laki yang ditabrak oleh orang lain,Biasanya si
penabrak akan dimaki – maki dan tanpa basa basi meminta pertanggung jawaban
dari si penabrak tersebut.
- Teori Hieraki Kebutuhan (
Maslow )
Yudi
adalah seorang karyawan swasta di slah satu Perusahaan yang ada
di Jakarta. Dia bekerja untuk memenuhi kehidupan nya seperti sandang dan
pangan, kemudian dia membeli sebuah motor untuk perjalannanya ke kantor guna
mendapatkan rasa aman karma ketika naik Metromini dia merasa kurang nyaman,
setelah merasa kebutuhan rasa amannya terpenuhi dia ingin melakukan kegiatan
yang sekiranya dapat memberikan manfaat bagi orang yang ada disekitarnya,
seperti menyumbang pembangunan masjid. Selama dia bekerja,akan tumbuh rasa
kebutuhan ingin dihrgai oleh orang lain sehingga memotifasi dia untuk bekerja
lebih baik lagi, setelah dia melakukan itu dia dapat penghargaan misalnya naik
jabatan sehingga dia dapat lebih di hormati oleh orang orang yang ada
dilingkungannya.
- Teori komunikasi formula
Laswell ( Laswell )
Kementrian
Perpajakan mengiklankan progam wajib pajak melalui Televisi yang ditujukan
kepada masyarakat indonesia agar dapat menggugah masyarakat sadar
akan kewajibanya membayar pajak.
Contoh
Iklan masyarakat ini menurut saya sudah mewakili formula laswell yaitu
Who→ Says
What→ In Which Channel → To Whom → Whit What Effect.
- Teori Jarum Hipodermik
(Kartz & Lazarfeld )
Media
Televisi memberitakan Penggunaan daging Babi pada makanan Abon yang berlebel
abon sapi yang di jual bebas di pasaran. Dari pemberitaan tersebut masyarakat
banyak masyarakat yang menhentikan pembeliannya karena takut dengan apa yang
dibeitakan oleh media tersebut.
- Teori Komunikasi Dua
Tahap / The Two Step Flow Of Comunication ( Lazarfeld )
Kementrian
kesehatan menayangkan Iklan 3 M guna menghindari ganasnya wabah demam berdarah
dan iklan tersebut biasnya lebih efektif ketika ketua RT memberikan sosialisasi
secara langsung dengan cara diadakan kerja bakti dan lain sebagainya.
- Teori Kultivasi /
cultivation Theory ( George Gerbner )
Ketika
seseorang sering melihat tayangan sinetron, dia akan
meniru gaya berdandan dari artis yang dia gemari dan lebih cenderung
akan mengikuti pola pikir dari apa yang di tayangkan oleh sinetron tersebut,
misalnya punya pacar harus yang tampan dan bermobil.
- Teori Agenda etting /
genda Setting Theory (Maxwell McCombs & Donald Shaw )
Pemberitaan
Meletusnya Gunung Merapi, media menganggap berita itu penting di tayangkan
untuk umum sehingga masyarakatpun mengangap berita itu penting untuk di
dengarkan atau di simak untuk mengtahui perkembangannya.
- Teori penggunaan dan
Pemenuhan / Uses and Gratification Theory ( Katz & Gurevitch )
Contohnya
informasi Kurs mata uang yang dapat di akses melalui media, sehingga
mempermudah masyarakat mengetahui harga mata uang asing untuk
memperlancar bisnis mereka.
0 komentar: