Tuesday, April 9, 2013

Simbolisme Dalam Agama (Islam)


Sebelum membahas telalu jauh soal simbol-simbol yang ada pada suatu agama, terlebih dahulu sebaiknya kita membahas apa itu bahasa.  Bahasa merupakan sebuh kode atau sistem simbol yang kita gunakan untuk membentuk  pesan-pesan verbal. Kita dapat mendefinisikan bahasa sebagai sistem produktif yang dapat dialih-alihkan dan terdiri atas simbol-simbol yang sangat cepat lenyap (rapidly fading), bermakna bebas ( arbitratry), serta dipencarkan secara kultural ( Hockett, 1977).  Dari pengertian diatas dapat diketahui jika bahasa yang notabennya adalah dasar dari suatu budaya tidak dapat lepas dari yang namanya simbol, kemudian apakah simbol itu? Simbol adalah segala sesuatu yang dapat merepresentasikan suatu hal dengan suatu bentuk. Dan hakikat dari bahasa adalah simbol, karena kita tahu bahwa bahasa itu terdiri dari bahasa verbal dan bahasa non verbal, bahasa verbal sendiri diketahui jika berisikan huruf-huruf dan huruf adalah simbol. Apalagi bahasa non verbal yang malahan sudah banyak diketahui jika bahasa ini adalah suatu simbol yang digunakan dalam berbahasa.
            Simbol adalah suatu makna, sedangkan makna adalah suatu yang membutuhkan penafsiran / penterjamahan. Mengapa? Karena suatu simbol jika tidak memiliki arti maka itu sama saja dengan tidak ada fungsinya, seperti contohnya adalah ketika kita sedang mengangguk itu mengartikan jika paham ataupun setuju, namun jika orang yang kita ajak bicara tidak tahu apa arti dari anggukan kita maka komunikasi yang terjadi tidaklah efektif. Jadi dalam menafsirkan suatu makna diperlukan suatu kesepakatan untuk mengartikannya. Karena dengan memiliki kesamaan dalam menafsirkan suatu simbol, akan memudahkan seseorang untuk berkomunikasi bersama orang lain, akan tetapi jika penafsiran dari suatu simbol berbeda satu dengan yanag lainnya yang terjadi adalah perbedaan akan suatu makna dapat menjadikan komunikasi yang berlangsung berbeda maksudnya (tidak efektif). Simbol merupakan bagian dari budaya.
            Kemudian dalam hubungannya simbol dalam agama. Setiap agama memang mempunyai simbol ataupun ciri khasnya masing-masing. Mulai dari agama kristen yang mempunyai simbol khas seperti gereja dan salib, sedangkan agama hindu punya juga simbolnya sendiri yakni memiliki sebuah candi. Banyak sekali simbol-simbol yang berasal dari sebuah agama.
            Dalam Islam sendiri pun punya beberapa simbol yang melekat dan menjadi ciri khas, contohnya saja ada masjid, kerudung (untuk muslimah),dan ada lambang bulan sabit dan bintang yang juga diidentikkan dengan agama islam ini. Selain hal-hal tersebut simbolisasi dalam islam juga beraneka ragam, misalnya pesan agama dalam Alquran yang merupakan teks (teks adalah simbol) yang perlu sebuah penafsiran hingga melahirkan ilmu tafsir dan fiqih. Simbolisme dalam agama menurut hemat penulis adalah hal yang cukup penting, karena dapat dijadikan sebagai ciri khas ataupun jati diri suatu agama agar ada pembeda / hal yang membedakan satu agama dengan agama lain.

by :
 Asyhari Amri
            

0 komentar: