Friday, April 4, 2014

Penjelasan tentang SURAT AL-HASYR: 7


AL-QUR’AN SURAT AL-HASYR: 7


!$¨B uä!$sùr& ª!$# 4n?tã ¾Ï&Î!qßu ô`ÏB È@÷dr& 3tà)ø9$# ¬Tsù ÉAqߧ=Ï9ur Ï%Î!ur 4n1öà)ø9$# 4yJ»tGuŠø9$#ur ÈûüÅ3»|¡yJø9$#ur Èûøó$#ur È@Î6¡¡9$# ös1 Ÿw tbqä3tƒ P's!rߊ tû÷üt/ Ïä!$uŠÏYøîF{$# öNä3ZÏB 4 !$tBur ãNä39s?#uä ãAqߧ9$# çnräãsù $tBur öNä39pktX çm÷Ytã (#qßgtFR$$sù 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# ( ¨bÎ) ©!$# ߃Ïx© É>$s)Ïèø9$# ÇÐÈ  

7. Apa saja harta rampasan (fai-i) yang diberikan Allah kepada rasulnya (dari harta benda) yang berasal dari penduduk kota-kota Maka adalah untuk Allah, untuk rasul, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan, supaya harta itu jangan beredar di antara orang-orang Kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan Rasul kepadamu, Maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, Maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Amat keras hukumannya.

Substansi:
1.      Harta Fai dibagi untuk baitul mal, Rasulullah, kerabat Rasul dari Bani Hasyim dan Bani Munthalib santunan anak yatim, kesejahteraan fakir miskin dan santunan pada ibnu sabil.
2.      Sedemikian rupa pembagian harta Fai agar terjadi multi player effect sehingga potensi ekonomi tidak berhenti pada orang-orang kaya tetapi  dapat tersirkulasikan secara lebih luas dan produktif.

Keterangan:
            Pada zaman awal-awal islam, masih sering sekali terjadi yang namanya peperangan, dan dalam sebuah peperangan maka suatu ketika bisa menang, dan suatu ketika juga bisa kalah. Dan saat ada sebuah peperangan, dan lawannya tiba-tiba mengalah tanpa ada perlawanan, maka umat islam berhak mendapatkan sebuah harta rampasan, yang disebut dengan harta fai.
            Pada zaman rasul, harta fai dibagi-bagikan kepada untuk baitul mal, Rasulullah, kerabat Rasul dari Bani Hasyim dan Bani Munthalib santunan anak yatim, kesejahteraan fakir miskin dan santunan pada ibnu sabil. Harta fai tersebut menjadi hak orang muslim secara luas, dan bukan hanya menjadi hak orang yang ikut berperang saja. Hal tersebut dimaksudkan agar harta rampasan, bisa dinikmati oleh semua orang muslim.
            Harta fai merupakan hak semua orang muslim, jadi siapapun punya hak untuk mendapatkannya. Baik yang kaya maupun yang miskin, karena diharapkan harta tersebut bisa merata kepada semua kalangan dan tidak hanya berkutat pada kalangan orang kaya saja.

            Dengan adanya harta fai diharapkan mampu untuk membuat semua kalangan umat islam bisa menikmati harta tersebut. Jadi harta ini bisa menimbulkan multi player effect, atau bisa juga diartikan sebagai semua orang bisa merasakan, sehingga harta tersebut bisa dimanfaatkan dengan lebih produktif dan bermanfaat, bagi semua kalangan, baik yang kaya maupun yang miskin. Bahkan dengan cara tersebut, orang miskin bisa memperbaiki ekonominya dan kehidupannya bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

0 komentar: