Tuesday, June 18, 2013

Kisah Lomba di UNNES Semarang

Untuk kesekian kalinya mahasiswa jurusan sastra inggris Universitas Negeri Semarang yang tergabung dalam English Students Asosiation mengadakan sebuah acara tahunan yang disebut ESA WEEK. Acara yang berisikan berbagai macam perlombaan seperti speech contest, story telling dan menulis. Acara ini diselenggarakan untuk dua kategori, yaitu untuk kalangan mahasiswa dan untuk siswa SMA. Perlombaan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 1 juni 2013. Kegiatan yang diselenggarakan digedung jurusan sastra inggris fakultas bahasa dan seni Universitas Negeri semarang ini sangat Semarak, ini dibuktikan dengan para peserta yang datang dari berbagai daerah, mulai dari segala penjuru kota yang ada di jawa tengah bahkan ada juga yang datang dari provinsi yogyakarta.
            Untuk perlombaan kalangan mahasiswa pun diikuti dari berbagai perguruan tinggi terkenal yang ada di jawa tengah dan yogyakarta, seperti UNNES, UNDIP, UGM, STMIK AKAKOM, UDINUS, IKIP PGRI dll. Tak ketinggalan juga dari UIN SUNAN KALIJAGA yang mendelegasikan para petarung-petarungnya ke medan tempur, dan sudah pasti kalau UKM SPBA lah yang ditunjuk oleh rektorat untuk mengurusi hal-hal seperti ini.
            SPBA mengutus dua kontingen untuk menjadi perwakilannya menghadapi perlombaan tersebut. Dua orang yang dikirim untuk mengikuti speech contest tersebut adalah Asyhari Amri & Mukti Nurdiyanah, mereka berhasil mewakili SPBA melalui banyak tahapan dengan menyingkirkan puluhan peserta lain yang mencoba peruntungan untuk berusaha menjadi perwakilan dari UIN tercinta ini.

            Saat lomba berlangsung persaingan yang terjadi memang cukup ketat, ini membuat para peserta berusaha semaksimal mungkin agar para dewan juri dapat memberikan nilai yang tinggi bagi mereka dan memenangkan perlombaan. Ada yang berpidato dengan gaya orator, sehingga menimbulkan semangat yang membara, ada juga yang menyampaikannya dengan santai dan humor hingga membuat orang yang mendengarkan tertawa. Namun bagaimanapun penilaian juri tetaplah sesuai pada porsinya, tidak bisa secara subjektif. Dan akhirnya gelar juara diraih oleh kontingen dari UDINUS (Universitas Dian Nuswantoro), dan sekali lagi juga kontingen dari UIN SUNAN KALIJAGA belum berhasil meraih gelar juara, tak apalah masih ada waktu untuk berjuang lebih baik lagi dimasa yang akan mendatang.
Asyhari Amri dan UKM SPBA

0 komentar: